Sunday, January 3, 2016

Daun Cocor Bebek Ternyata Bisa Untuk Menyembuhkan Tumor, Wasir Dan Bisul, Berikut Cara Mengolahnya

Ebook Islam - COCOR BEBEK atau dikenal juga dengan sebutan suru bebek adalah jenis tumbuhan yang banyak mengandung air (sukulen). Tanaman ini terkenal metode reproduksi melalui tunas daun atau tunas adventif. Tanaman ini banyak ditemui dilahan liar, namun tidak sedikit pula yang menanamnya sebagai hiasan. Kendati berasal dari Madagaskar, namun cocor bebek dapat dengan mudah ditemukan diindonesia. Hal tersebut disebabkan karena jenis tanaman ini cocok tumbuh didaerah tropis.



Manfaat:
Cocor bebek mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia, seperti asam malat, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam formiat, bufadienolides, dan tanin. Oleh karena itu, cocor bebek terutama dibagian daunnya, bisa digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk mengobati sejumlah penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan cocor bebek diantaranya adalah sakit kepala, batuk, sakit dada, berbagai macam penyakit kulit, menyembuhkan demam, obat luka, mengobati bisul, wasir, nyeri lambung, mengatasi muntah darah, radang amandel, radang telinga luar, batu ginjal, serta rematik.

Selain itu, daun cocor bebek juga bisa untuk memperlancar haidd yang tidak teratur dan masih banyak manfaat yang lainnya. Bahkan, hasil penelitian terbaru menyebutkan bahwa kandungan bufadienolides yang terdapat pada daun cocor bebek bersifat anti tumor. Dengan kata lain, daun cocor bebek bisa pula digunakan sebagai bahan untuk mengobati tumor.
Baca Juga : Cincau Ternyata Banyak Manfaat Yang Berguna Bagi Kesehatan. Berikut Cara Mengolahnya
Olahan:
Hampir sama seperti brotowali, daun cocor bebek bisa diolah menjadi ramuan obat tradisional yang sangat bermanfaat untukmengobati penyakit, baik penyakit dalam maupun penyakit luar. Berikut ini dua contoh ramuan tradisional yang diolah dari daun coocr bebek.

Ramuan Obat Wasir
Cara Membuat:

  • Cuci bersih daun cocor bebek lalu diangin-anginkan sampai kering.
  • Setelah kering, tumbuklah daun cocor bebek sampai menjadi bubuk.
  • Seduh satu sendok bubuk dengan air panas dalam cangkir.
  • Tambahkan satu sendok madu.
  • Siap diminum minum hangat-hangat, sehari tiga kali.


Ramuan Obat Bisul
Cara Membuat:

  • Ambillah 30 hingga 60 gram daun cocor bebek segar, lumatkan.
  • Air lumatan daun cocor bebek dapat diminum dengan ditambahkan madu.
  • Sisa air lumatan daun cecer tempelkan pada bagian yang sakit. [EbookIslamterkini]
Sumber : Aneka Tanaman Apotek Hidup Di Sekitar Kita Oleh Raditya Akbar

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Daun Cocor Bebek Ternyata Bisa Untuk Menyembuhkan Tumor, Wasir Dan Bisul, Berikut Cara Mengolahnya

0 comments:

Post a Comment